Minum Air Mineral Membuatmu Lebih Sehat

Written by on
Manusia dan air merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kenapa? Karena hampir 70% tubuh manusia terdiri dari air dan air memegang peranan vital di hampir setiap fungsi yang ada pada tubuh manusia. Air dibutuhkan tubuh sejak dari pembentukan sel sampai dengan berfungsinya suatu organ sehingga tanpa asupan air yang cukup maka fungsi tubuh tidak akan optimal yang bisa berujung pada kematian.
Air yang seperti apa yang bagus untuk tubuh manusia?
Air layak minum harus bebas dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit bila dikonsumsi. Secara kasat mata air yang bagus dikonsumsi tentu saja bersih, tidak keruh, tidak berbau dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Namun yang paling penting, pastikan air yang kita minum itu mengandung cukup mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
Bagaimana dengan mitos air demineral atau air kosong yang katanya bagus?
Mitos ini tidak benar, bahkan badan kesehatan dunia atau WHO mengatakan bahwa air yang bagus dikonsumsi adalah air yang mengandung mineral esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Lalu bagaimana degan mitos mineral cukup dari makanan saja?
Memang tubuh bisa menerima asupan mineral dari makanan yang sehari hari kita makan namun kadang tidak semua mineral yang kita butuhkan ada pada makanan yang kita konsumsi. Disamping itu, mineral yang terkandung dalam air minum lebih mudah diserap tubuh bila dibandingkan dengan mineral yang ada pada makanan.
Beberapa jenis mineral yang terkandung dalam air yang sangat dibutuhkan tubuh:
·         Fluoride yang penting peranannya dalam kesehatan dan kekuatan gigi.
·         Natrium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.
·         Kalium untuk fungsi sistem saraf tubuh.
·         Magnesium dan Kalsium untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
·         Zinc untuk fungsi otak.
·         Silika untuk kesehatan kulit dan mencegah osteoporosis.
Dampak Negatif Mengonsumsi Air Demineral atau Air Kosong
Air tanpa mineral atau air demineral atau air kosong bukanlah untuk konsumsi manusia. Air ini sejatinya diproduksi untuk keperluan industri, sebagai air radiator dan air aki. Bila air seperti ini dikonsumsi secara jangka panjang maka tubuh bisa kekurangan beberapa mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi optimal. Karena itulah WHO menyarankan agar kita mengonsumsi air minum yang mengandung mineral dengan jumlah yang cukup setiap hari agar tubuh dapat bekerja secara optimal. Kebutuhan air setiap orang berbeda beda tergantung dari ukuran tubuh orang itu, aktivitas yang sedang dilakukan dan kondisi iklim atau suhu disekitarnya. Namun secara umum, WHO menyarankan setiap orang untuk minum air mineral sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap hari sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan Indonesia
Video edukasi mengenai air yang baik dikonsumsi di bawah ini sangat saya anjurkan untuk disimak:


Sekian tipsnya, semoga bermanfaat tunggu lagi artikel lainnya :)
Newer Post PreviousThis is the last Article.