Tips Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Dede Raditya on
Apakah manusia bisa hidup tanpa ginjal? Ginjal memang ukurannya kecil, hanya sebesar kepalan tangan anak balita. Namun, fungsi ginjal sangat vital bagi kehidupan manusia. Ginjal berfungsi memisahkan racun dari darah untuk kemudian dibuang melalui urin.
Seseorang yang ginjalnya tidak berfungsi berarti mengidap gagal ginjal. Ketika ginjal seseorang tidak berfungsi, maka kotoran tidak bisa dikeluarkan dalam darah dan menjadi racun untuk tubuh.
Orang yang sudah terkena gagal ginjal harus melakukan cuci darah. Proses ini adalah proses menggantikan fungsi ginjal dengan mesin. Mesin akan memisahkan kotoran dari darah kemudian darah dimasukan lagi ke dalam tubuh.
Jika ingin ginjalnya berfungsi kembali, orang yang telah mengalami gagal ginjal harus melakukan transplantasi ginjal. Hal ini mungkin, namun sulitnya menemukan orang yang mau mendonorkan ginjal adalah kendala.
Sebelum terlambat, kesehatan ginjal harus dijaga dengan baik. Inilah beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan ginjal :

Kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan masalah bagi ginjal. Kita bisa bayangkan, ginjal yang biasa menyaring darah akan sangat kerepotan jika tiba-tiba tekanan laju darah meningkat dari biasanya.

Minum air putih secukupnya

Masalah kekurangan minum juga bisa menjadi pemicu masalah ginjal. Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh, yakni 8 gelas setiap harinya.

Tidak merokok

Rokok mengandung banyak sekali racun yang bisa merusak organ-organ tubuh, salah satunya ginjal. Menghindari rokok adalah salah satu langkah bijak untuk menjaga kesehatan ginjal.

Menjaga konsentrasi gula darah normal (penderita diabetes)

Masalah ginjal adalah salah satu komplikasi yang sering terjadi pada penderita diabetes. Supaya tidak terjadi komplikasi, penderita diabetes harus menjaga gula darahnya tetap normal.

Hindari stress

Stress ini ada hubungannya dengan tekanan darah tinggi. Ketika kita stress, maka detak jantung bisa tak beraturan dan tekanan darah bisa naik.

Rajin berolahraga

Aktifitas fisik merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga organ-organ tubuh, salah satunya adalah ginjal. Jika memang belum kuat, lakukan aktifitas ringan seperti jalan kaki atau lari-lari kecil.

Batasi penggunaan obat anti nyeri

Obat anti nyeri mempunyai efek langsung merusak ginjal. Sebisa mungkin, batasi penggunaan obat anti nyeri ini.
Di dalam tubuh, organ tubuh vital tidak hanya ginjal. Organ-organ lainnya pun harus dijaga sebaik mungkin. Pada kesempatan lain akan dibahas tentang menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Tips ini dipersembahkan oleh. Semoga bermanfaat.